Cara Branding Event Secara Digital

0
59
Branding Event, Digital Event

blog.vizacomm  – Di zaman serba digital sekarang ini, rasanya tidak “afdol” jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Terutama untuk branding sebuah produk yang kita miliki. Pasti, kamu setuju bahwa sudah banyak orang yang sekarang ini sudah merasakan manfaat dari pemasaran secara digital. Mulai dari profit yang bertambah, pengeluaran yang berkurang dan tentunya dinilai lebih efisien atau efektif. Dan, lebih menarik lagi ternyata pemasaran digital tidak hanya sebatas bisa digunakan untuk berjualan produk seperti baju saja, pemasaran secara digital memiliki manfaat yang lebih luas lagi. Contohnya, branding event.

Bagi kalian semua yang ingin membuat sebuah event dan ingin meningkatkan penjualan dari tiket event atau membuat event kalian bisa lebih viral dan diketahui banyak orang, pemasaran secara digital adalah solusi paling efisien dan efektif tentunya. Secara keseluruhan branding secara digital dapat membuat gambaran apa yang akan ada di acara kalian. Dengan itu para audiens yang ingin datang ke acara tersebut akan tahu apa yang akan mereka dapatkan jika mereka datang. Jadi kenapa sih branding untuk event secara digital itu penting? Melakukan branding di digital, pada event kalian akan membangun hubungan baik yang lebih intens dengan audiens. Jadi dengan membangun relasi itu kalian bisa promosi sangat efektif apa saja rangkaian acara yang akan disajikan di event tersebut.

Jadi, ada beberapa tips and trik untuk melakukan branding event secara digital yang bisa kamu lakukan sekarang juga:

  • Membuat Website
Branding Event, Digital Event
Image Source: Pixabay

Website merupakan tempat yang bagus untuk memberikan informasi secara lengkap kepada audiens dan target pasar yang sedang kamu tuju. Umumnya website berisi informasi mengenai latar belakang event tersebut dibuat, waktu event, tema yang diambil, dan hal penting lain yang berhubungan dengan acara yang akan kalian jalankan. Website yang kalian buat juga harus dipastikan user friendly ya, guys. Ketika website kamu lebih user friendly, nantinya akan lebih memudahkan pengunjung ketika sedang mengunjungi websitemu. Nah, selain user friendly hal lain yang perlu kamu perhatikan, diantaranya adalah:

  • Tema, pastikan tema dari event yang kamu angkat dan buat di website menarik dan tentunya sesuai dengan target pasaranmu.
  • Warna, bisa dibilang warna merupakan sebagai identitas yang harus kamu dimiliki suatu event agar secara branding lebih mudah dikenal banyak orang, jadi kami sarankan kamu perhatikan dengan baik perpaduan warna yang berkaitan dengan eventmu.
  • Font, hampir sama dengan warna, fonts juga merupakan sebagai identitas untuk eventmu, pemilihan font akan kamu gunakan untuk pembuatan desain promo baik di website atau di sosial media.
  • Logo, jangan lupa juga untuk mencantumkan logo yang sudah kamu desain di website mu, agar orang-orang tahu bahwa itu adalah logo dari eventmu.
  • Membuat Sosial Media

Tidak kalah penting dengan website, pembuatan sosial media untuk promosi eventmu juga penting, karena bisa meningkatkan promosi. Jadi, kamu tidak hanya punya website saja untuk media informasinya. Platform yang bisa kamu gunakan untuk promosikan event tersebut, pastikan yang sering digunakan oleh orang banyak seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Jangan lupa menggunakan hashtag yang berhubungan dengan branding event kalian, hashtag juga penting sebagai pencarian keyword oleh audiens yang tertarik dengan event tersebut. Nah, dengan promosi itu tentu kalian bisa menarik banyak pengguna sosial media dengan konten promosi yang kalian buat, selain itu jangkauan audiensnya pun lebih luas.

Social Media 360 degree marketing
Image Source: thebalancesmb

Selain itu, dengan menggunakan sosial media ini, kalian bisa memanfaatkan fitur iklan yang disediakan oleh sosial media terkait, jadi jangkau target pasar pun nantinya akan lebih luas.

  • Batasi Penjualan Tiket
Branding Event, Digital Event
Image Source: Pixabay

Cara selanjutnya untuk branding digital event adalah batasi penjualan tiket kamu. Ini penjualan tiket secara online guys. Ingat! Bukan penjualan tiket secara offline. Maksudnya batasi penjualan tiket adalah jangan hanya fokus di satu platform saja, . ketika kalian hanya fokus pada satu platform akan susah nantinya untuk menjual tiket tersebut maka dari itu coba kalian alokasikan penjualan tiket kalian ke banyak platform sosial media atau platform penjualan tiket online, agar mempermudah penjualan orang-orang juga mendapatkan tiket kalian. Selain itu, ketika kalian promosi di banyak platform akan bagus pula untuk branding event ke berbagai kalangan.

  • Gunakan SEO

Terakhir kalian harus gunakan SEO. Kenapa? Karena kalau kalian pakai SEO, kalian dapat mencari audiens sebanyak mungkin. Bukan hanya itu saja kata kunci yang digunakan dalam SEO dapat membantu audiens kalian menemukan digital event kalian dengan mudah. Jika audiens kalian dengan mudah menemukan acara kalian, bisa jadi audiens yang melihat tersebut bisa menjadi salah satu calon pengunjung kamu di event tersebut, jadi tidak ada salahnya mencoba bukan?

Branding Event, Digital Event
Image Source: Pixabay

Nah, jadi itu dia beberapa tips atau trik yang bisa kamu ikuti untuk me-branding eventmu secara digital. Jangan lupa untuk mencoba semuanya ya, biar eventmu lebih banyak dikunjungi oleh orang-orang. Digital event sekarang ini merupakan hal yang penting dijalankan, kita tidak bisa lepas dari dunia digital ketika ingin mempromosikan suatu brand atau produk yang ingin kalian jual, termasuk event ini. Jangan salah, event juga merupakan suatu produk lho, ya harus di branding agar banyak orang tertarik dan akhirnya beli tiket event kamu deh. Ingat ya guys! Jika kalian ingin meningkatkan kualitas penjualan tiket kalian, jangan lupa pula untuk promosi secara offline, jadi kamu promosi secara online dan offline, sehingga kamu menggunakan strategi digital 360 degree marketing untuk event, seperti di blog post Vizacomm sebelumnya.

Untuk informasi tentang strategi lainnya yang lebih update, kunjungi terus blog Vizacomm, tetap semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here