Cari Tahu Apa itu 360 Degree Digital Marketing?

0
79
360 degree marketing

blog.vizacomm – Pernahkah kamu merasa ingin membeli suatu barang contohnya sebuah sepatu, dikarenakan iklan dari produk tersebut ada dimana-mana seperti mengikutimu terus. Dimana pun kamu berada ada iklan tersebut, dari mulai papan iklan, atau sebuah poster di pintu kereta, ketika membuka sosial media atau bahkan ketika kamu menonton Youtube, rasanya kamu seperti di hantui oleh iklan tersebut dan akhirnya produk tersebut memiliki ketertarikan sendiri bagi kamu atau sudah masuk dalam pikiranmu. Tanpa kamu sadari, kamu sudah masuk dalam strategi marketing terbaru saat ini yang dinamakan “360 Degree Marketing”.

Jenis strategi marketing yang satu bisa dibilang suatu konsep marketing kreatif yang secara keseluruhan memiliki tujuan untuk memperkenalkan strategi brand, terutama adalah untuk menentukan posisi dari sebuah brand dengan mencampurkan segala jenis aspek pemasaran, baik offline maupun online. Selain itu, strategi 360 marketing ini juga menjamin adanya peningkatan interaksi dari klien secara tepat dan pastinya relevan. Maksudnya disini adalah ketika audiens atau target pasar melihat tagline dari kampanye yang ada di sosial media perusahaan tersebut dan akhirnya mengunjungi situs webnya, pada saat itu juga perusahaan bisa mengetahui siapa saja pengunjung tersebut dengan menggunakan data analitik.

Berikut beberapa tujuan dari 360 degree marketing, yaitu:

  • Melibatkan semua perangkat promosi online, offline, dan mobile yang digunakan secara efektif untuk mengirimkan pesan agar mudah diingat oleh audiens.
  • Produk baru diperkenalkan atau produk lama yang dimodifikasi atau diperluas agar sesuai dengan strategi pemasaran brand yang telah ditentukan.
  • Pengemasan dan visual juga dimodifikasi secara efektif dan semenarik mungkin, agar sesuai dengan strategi pemasaran.

Tujuan pemasaran 360 juga menawarkan ilusi kepada pelanggan dan juga calon pelanggan bahwa brand itu ada dimana – mana. Dalam pemasaran 360 juga perlu mengeksplorasi informasi untuk memilih platform atau saluran yang tepat untuk promosi brand. Dimana pun para pelanggan berada, entah itu di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube secara digital atau bahkan ketika kamu sedang berada di luar rumah sekalipun, brand tersebut bisa menjangkaumu.

Menentukan pesan dalam brand yang ingin dipasarkan dalam 360 advertising akan menentukan bagaimana brand tersebut bisa menyesuaikan pesan yang lebih luas ke salura pemasaran yang tepat. Hasil dari olah pesan yang disesuaikan tersebut dengan sebaik mungkin, bisa menarik kepuaasan pelanggan atau audiens. Selain itu, dengan menggunakan data yang signifikan juga dapat membantu seperti apa pesan itu bisa disampaikan dengan baik. Suatu pesan dapat dikatakan sukses ketika mengenali bahwa orang-orang atau audiens tertarik dengan pesan tersebut dan tahu apakah mereka ingin menerima dengan baik pesan tersebut.

Komponen – komponen penting dalam 360 degree marketing:

Social Media

Social Media 360 degree marketing
Image Source: thebalancesmb

Social media merupakan cara terbaik untuk berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan. Karena social media dapat digunakan untuk memperkuat interaksi, meningkatkan kesadaran merek dan berkomunikasi dengan para pendukung, hal ini menjadi kunci penting dalam strategi 360 degree marketing karena hal ini menyatukan semuanya.

Website

360 degree marketing
Image Source: magcentre

Website juga berperan penting dalam hal ini karena website adalah impresi pertama dalam perusahaan dan juga akan membuat ciri khas dalam perusahaan. Website juga harus memberikan kemudahan kepada pengguna dan harus terlihat profesional. Dalam penggunaan website waktu pemuatan harus cepat dan situs web harus responsif dan mudah digunakan dengan perangkat seluler.

Content Marketing

360 degree marketing
Image Source: Business LinkedIn

Content marketing memberikan nilai besar kepada pelanggan. Melalui konten yang berkualitas perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek dan mendapatkan pelanggan baru. Content marketing tidak hanya artikel saja tetapi juga termasuk video, social media, e-books dan banyak lagi.

Event

360 degree marketing
Image Source: mch-group

Event dalam 360 degree marketing juga merupakan faktor penting karena event merupakan jembatan untuk menyampaikan sesuatu dan tujuan kepada klien karena event ini akan memberikan pengalaman “real” secara nyata dan langsung.

Demikian beberapa penjelasan yang perlu kamu ketahui tentang apa itu 360 Degree Digital Marketing. Untuk info lainnya tentang strategi bisnis yang satu ini, jangan lupa untuk terus kunjungi vizacomm.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here