Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Untuk Strategi Sosial Media Marketing

0
264
Social Media Marketing
Image Source: Pixabay

blog.vizacomm – Bisa dikatakan Sosial Media Marketing adalah salah satu media pemasaran yang tepat digunakan di zaman serba modern ini. Bagaimana tidak? Dengan banyaknya pengguna social media sekarang, dengan menggunakan sosial media dinilai lebih efektif. Apalagi sosial media bisa menjangkau semua kalangan, jadi untuk bisa menghemat budget pula. 

Dengan banyaknya pengguna media sosial sekarang ini, semakin banyak juga konten-konten yang yang ada di sosial media dari berbagai macam konten kreator. Sayangnya, konten tersebut sering sekali asal di posting atau di upload saja, tanpa memikirkan manfaat atau dampak yang akan terjadi. Dikarenakan setiap postingan yang di upload akan menjadi konsumsi publik, jadi Vizacomm sarankan agar Sobat Ahensi lebih berhati-hati dalam memposting sesuatu atau menjalankan strategi sosial media untuk pemasaran ini. 

Jadi, untuk menghindari beberapa kesalahan yang bisa terjadi tersebut apalagi di dunia digital marketing, berikut kami sarankan, beberapa hal yang TIDAK boleh dilakukan antara lain, yaitu:

Ceroboh dalam membuat konten

Social Media Marketing
Image Source: Pixabay

Harus diingat bahwa konten yang kamu buat menggambarkan kesan dari brand kamu. Karena itu, kamu harus membuat kesan pertama yang bagus akan brand kamu. Yang harus kamu pikirkan agar terhindar dari kecerobohan adalah pikirkan lagi apakah konten ini menarik? Apakah konten ini memiliki value di mata pelanggan? Karena kamu pasti membagikan konten tersebut di sosial media entah itu di Twitter, Facebook, Instagram, dll. Memiliki kesan pertama yang bagus akan brand pastinya bisa menarik perhatian audiens dan pastinya kamu juga tidak mau, memiliki kesan pertama yang buruk karena ceroboh membuat konten yang sudah dibuat.

Mengabaikan data analitik

Social Media Marketing
Image Source: Pixabay

Data itu sangat penting dalam social media marketing. Dalam dunia digital marketing ini kalau kamu mau sukses kamu harus memiliki rencana, analisis, dan khususnya data. Agar bisa sukses, tentu kamu harus menganalisis data dan bagaimana rencana kedepannya. Sekarang sudah banyak alat untuk menganalisa data-data media sosial, jadi bisa lebih memudahkan kamu dalam analisa. Selain menggunakan alat atau tools kamu juga bisa melihat strategi dari kompetitor, kamu bisa menganalisa mereka dan mempelajari apa saja strategi yang mereka gunakan. Eits, bukan berarti meniru ya, kamu hanya perlu melihat, setelah itu digabungkan dengan strategi kamu sendiri. Jadi, Vizacomm sarankan jangan pernah mengabaikan data karena data itu sangat penting apalagi kalau kamu aktif di media sosial, oke?

Keluar dari topik 

Social Media Marketing
Image Source: georgobermayr

Rasanya aneh bukan? Ketika kamu posting di media sosial sesuatu yang tidak berhubungan dengan brand atau produk dari perusahaanmu. Bisa-bisa audiens atau followers bingung, sebenarnya positioning brand kamu ini kemana sih? Jadi, pastikan kamu memiliki topik yang menarik dan berhubungan dengan brand kamu tersebut ya! Ingat, jangan pernah sampai keluar topik! Kamu harus memastikan bahwa konten yang kamu buat itu informatif, menarik dan relevan. Jika kamu adalah influencer, pastikan kamu memang menguasai produk dari brand tersebut dan sesuai untukmu, sehingga buat kontennya pun akan lebih mudah. 

Konten terlalu membosankan

Social Media Marketing
Image Source: Medium

Inti dari social media marketing adalah menarik para audiens untuk menjadi followers kamu, atau bahkan menjadi pelanggan. Karena itu jika kamu ingin mendapatkan banyak pelanggan usahakan untuk membuat konten yang menarik dan tidak membosankan. Dengan konten menarik pasti para audiens kamu itu akan membagikan konten yang kamu buat kepada teman – temannya melalui media sosial. Dan akhirnya dari konten tersebut kamu akan mendapatkan banyak audiens yang berpotensi untuk menjadi pelanggan kedepannya. 

Mengabaikan feedback negatif

Social Media Marketing
Image Source: Beritagar

Sudah pasti dalam social media marketing kamu akan mendapatkan banyak feedback tidak hanya yang positif tapi juga yang negatif. Memang banyak yang mengabaikan feedback negatif itu dan hanya menerima yang positif. Tetapi jika terus mengabaikan yang negatif kamu tidak akan pernah bisa menerima kritikan dari pelanggan. Berterima kasih lah kepada audiens yang memberikan feedback negatif karena dari mereka, kamu bisa tahu apa kesalahan yang dibuat dan untuk kedepannya tidak akan membuat kesalahan yang sama.

Seperti itulah hal – hal yang tidak boleh dilakukan dalam social media marketing. Apalagi kalau kamu sangat aktif di media sosial, tentu kamu akan membuat kesalahan disana dan disini dan itu adalah hal yang wajar. Karena memang rencana tidak pernah berjalan dengan baik dan kita tidak bisa memiliki ekspektasi yang lebih jika hanya melakukan strategi yang sama. Karena itu cobalah hal yang baru dan kreatif. Ciptakanlah hal yang membuat audiens dan pelanggan tertarik kita harus lebih sadar akan konten yang kita buat.

Untuk info lainnya mengenai dunia digital kunjungi terus blog Vizacomm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here