Tips Sederhana untuk Menulis Konten Web yang Persuasif

0
214
konten persuasif
Image Source: Pixabay

blog.vizacomm – Konten website yang bagus merupakan yang mampu mempersuasif orang lain ataupun pengunjung. Tidak jarang, kita menganggap bahwa konten yang keren adalah yang bisa mempersuasif orang lain, namun yang terjadi justru sebaliknya, konten yang sederhana lah yang lebih mempersuasif orang-orang.

Tips yang sering kita dapatkan adalah dengan membuat konten sesuai dengan keinginan pengunjung atau audiens, memikirkan informasi yang mereka butuh, dan jangan lupa pikirkan apakah konten tersebut bisa membuat mereka tertarik dan akan mengklik link yang kamu sarankan. Itu hanya beberapa saran yang sering kita dapatkan dari penulis konten website terkenal. Mereka selalu memperlakukan pengunjung mereka seperti diri mereka sendiri yang suka membaca hal-hal menarik, bukan cuma sekedar robot yang hanya melihat apakah konten kamu sesuai dengan kaidah-kaidah dari mesin pencari. 

Sayangnya kebanyakan dari pembuat konten lebih memperhatikan, bagaimana mana mereka bisa lulus sensor ketika sedang di-scanned oleh robot dari mesin pencari, mereka tidak sadar bahwa pengunjung mereka adalah target utama yang dituju untuk memasarkan jasa atau produknya. 

Biasanya memang konten web biasanya tidak dibaca, akan tetapi di-scanned atau mereka hanya melihat informasi yang penting saja. Pengunjung mencari informasi atau produk yang ditawarkan. Mereka membuat keputusan cepat tanpa berpikir. Jadi bagaimana kalian bisa meyakinkan pengunjung web untuk mengambil tindakan dengan cepat jika mereka tidak membaca teks kalian?

Jadi, berikut ini tips menulis konten yang lebih persuasif untuk website kamu, yaitu:

  • Masukkan informasi terpenting terlebih dahulu

Berbeda tentunya membuat konten untuk website dengan menulis artikel biasa untuk blog atau bahkan esai ilmiah. Ketika menulis sebuah esai ilmiah hal pertama yang dibahas adalah menjelaskan terlebih dahulu apa yang akan disampaikan dan dibahas dengan tinjauan literatur yang berlaku. Nah, setelah itu sampaikan pembahasannya dan terakhir membuat kesimpulan dan yang paling penting pastikan kesimpulan di akhir esai membahas secara keseluruhan. 

konten persuasif
Image Source: pixabay

Sebaliknya, ketika membuat konten website, di halaman tersebut poin terpenting adalah yang dicari oleh pengunjung dan informasinya tidak bertele-tele. Misalnya ketika akan mencari sofa tiga kursi merah baru, ketika sampai di website yang menjual sofa, sehingga kalian akan akan langsung ke search box untuk mengetahui apakah produk yang dicari tersebut ada atau tidak.  Search box membantu pengunjung mendapatkan informasi lebih cepat. 

Memberikan informasi yang akurat, itulah yang paling penting bagi pengunjung atau audiens. Bahkan, pernyataan sederhana sekalipun di website dapat dipahami lebih mudah oleh pengunjung. Begitu mereka memahami apa yang kalian lakukan, mereka mungkin ingin mengetahui beberapa detail penting. Dan kemudian – mungkin mereka ingin mengetahui beberapa informasi latar belakang.

  • Gunakan kata yang sederhana

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang ketika ingin membuat konten website  adalah membuat kata-kata yang terlalu sulit dicerna, terlalu bagus bahkan sangat baku, sehingga malah membuat audiens atau pengunjung tidak memahaminya dengan jelas. 

Konten Persuasif
Image Source: Pixabay

Padahal yang paling penting adalah kumpulan kata-kata yang mudah dipahami dan tidak sulit dicerna. Konten sederhana namun menarik, biasanya yang dicari oleh pengunjung. Karena tujuan kita adalah menarik pengunjung agar tertarik membaca konten kita, sehingga mereka bisa bertahan di website. Dan, akhirnya bisa memutuskan untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

Jadi, cara selanjutnya untuk menulis konten web yang persuasif adalah menggunakan kata yang sederhana dan bisa dipahami dengan baik. 

  • Pastikan tulisan tidak membosankan

Di zaman sekarang ini, banyak orang yang malas untuk membaca. Apalagi sekarang sudah banyak konten visual, jadi orang-orang lebih memilih memperhatikan konten visual daripada harus membaca. Oleh karena itu, untuk orang-orang yang lebih tertarik melihat konten visual, ada baiknya kita membuat konten yang tidak membosankan, namun berisi informasi yang lengkap. 

konten persuasif
Image Source: pixabay

Jadi, cobalah untuk membuat konten yang tidak panjang dan menarik. Bagaimana caranya? Lakukanlah beberapa hal ini: 

  • Gunakan paragraf pendek — maksimal empat kalimat
  • Gunakan kalimat pendek — rata-rata dua belas
  • Lewati kata-kata yang tidak perlu
  • Hindari bentuk pasif
  • Hindari pengulangan yang tidak perlu
  • Persingkat teks Anda

Kira-kira seberapa pendek seharusnya teks kalian? Kalian bisa menyingkirkan setengah kata dari setiap halaman yang tidak begitu penting dan mempertahankan sisanya yang berisi informasi menarik. Mungkin, bagi kamu ini adalah target tulisan yang susah untuk dilakukan, namun cobalah kamu pratekkan di websitemu. 

  • Permudah audiens untuk menemukan kalian

    konten persuasif
    Image Source: Pixabay

Bagaimana cara pelanggan potensial bisa menemukan produkmu dengan mudah? Cara paling tepat agar pelanggan dengan mudah menemukan perusahaanmu adalah dengan melakukan SEO (Search Engine Marketing). SEO memberikan informasi lengkap dan jelas kepada pelanggan dan audiens dengan baik.  Berikut ini beberapa cara kerja dari SEO, yaitu:

  • Jawab pertanyaan yang ditanyakan pelanggan potensial
  • Diskusikan satu topik utama untuk setiap halaman
  • Sertakan tautan ke halaman yang relevan di situs web kalian sendiri atau ke situs web lain
  • Gunakan frasa dan kata-kata yang dicari oleh para pelanggan potensial

Jika kamu butuh jasa untuk untuk SEO, Vizacomm memberikan harga menarik untukmu agar kamu bisa berikan informasi terbaik untuk audiens. Silahkan kunjungi https://vizacomm.co.id/ untuk informasi lainnya. 

Demikian beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti untuk membuat konten website  yang persuasif. Selamat mencoba. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here